Enam Tips agar Anda betah bekerja di ruang kerja di rumah.
 |
6 Tips Betah Bekerja |
Sebuah keberuntungan jika kita bisa bekerja di dalam rumah. Tetapi di sisi lain, Anda pasti akan
merasakan betapa banyaknya akan gangguan dari lingkungan sekitar anda. Setiap
kali Anda akan mencari sesuatu di dalam komputer, ada saja surat pribadi yang
akan membutuhkan perhatian, gelas yang harus dicuci atau serta anggota keluarga
yang sedemikian bersemangat untuk dapat ngobrol dengan Anda. Lalu, bagaimana caranya agar bisa lebih
benar-benar bebas dari hambatan tersebut? Tentu, pada suatu waktu pasti ada sebuah keinginan, bahwa anda seperti hidup di dalam sebuah pulau yang
terpencil, jauh dari gangguan, sehingga bisa lebih fokus pada tugas yang harus
diselesaikan.
Karena itu sangat penting untuk menciptakan sebuah ruang kerja khusus yang akan
memungkinkan Anda lebih berkonsentrasi serta berkreativitas di dalam sebuah
ruangan dengan “benteng rapat” sehingga akan melindungi Anda dari "gangguan" dari setiap sudut rumah.
Berikut ini adalah enam tips yang bisa anda gunakan untuk mewujudkan kebutuhan ruangan kerja ideal :
1. Buatlah “tanda batas” ruang kerja dan ruang yang lainnya
“Tanda batas” berupa pintu geser pada sebuah foto di atas dapat membantu
untuk mempertegas konsentrasi Anda, mana pekerjaan yang harus untuk dimulai dan
mana yang harus distop. Tanda batas juga sebuah isyarat visual yang akan
mengatakan, “Ini adalah ruangan kantor saya.” Dalam foto tersebut misalnya
telah terdapat sebuah pintu geser. Pintu itu tidak hanya akan membantu untuk
membatasi kebisingan, namun tetapi dia juga juga untuk lebih bertindak untuk
sebagai indikasi visual untuk orang atau anggota keluarga lain.
Jika Anda tidak memiliki akan ruang yang terpisah atau sebuah ruang
tertutup yang tersendiri, carilah sebuah tempat yang di mana Anda akan dapat
mempertegas keberadaan “ruang kerja” Anda.
Misalnya saja seperti sebuah foto di atas, Anda juga akan membuat sebuah
panggung yang lebih tinggi dari lantai yang lain di dalam sebuah ruangan rumah
dan serta letakkan tangga untuk dapat naik ke tempat itu. Seperti halnya sebuah
pintu pembatas, tangga itu untuk mempertegas akan perbedaan antara ruang
keluarga dan “serta ruang kerja”. Meskipun tidak ada pintu atau serta dinding
namun tetapi tangga tersebut untuk berfungsi sebagai petunjuk visual yang akan membedakan fungsi antar ruang.
Membuat tanda batas juga bisa dibuat untuk sesimpel mungkin, misalnya untuk
mendesain lantai dengan secara yang berbeda di antara ruangan yang lain di
rumah dengan sebuah ruangan kerja seperti foto desain ruang kerja di atas.
Selain itu, seperti yang telah
terlihat pada foto di atas, bisa juga
Anda akan membuat batas itu dengan mengecat pada dinding secara berbeda, atau
hanya sekadar ada sebuah garis vertikal di dalam dinding tempat Anda untuk
menentukan batas antara “rumah” dan “kantor”.
2. Alokasikan tempat khusus untuk sebuah catatan kerja
Buatlah sebuah ruangan yang di mana pada dindingnya Anda tempelkan sebuah
papan tulis di mana Anda akan bisa untuk mencatatkan ide-ide, jadwal dan lain
sebagainya. Tuangkan semua ide pada sebagian papan tersebut dan pada bagian
lain dikosongkan untuk dapat menuangkan ide yang telah muncul berikutnya.
3. Lengkapi ruang kerja dengan sebuah kursi ergonomis
Jika Anda bekerja
dari rumah anda, maka masalah kursi duduk akan bisa menjadi sebuah persoalan
tersendiri. Anda bisa saja untuk memasang sofa yang mungkin akan lebih tampak
nyaman pada awalnya, tetapi seiring perjalanan waktu, Anda akan merasakan
berkurangnya sebuah motivasi kerja dan serta belum lagi adanya gangguan pada
tulang belakang.
4. Tempatkan secara tersendiri untuk peralatan kerja
Anda mungkin tentu telah menginvestasikan sedikit uang anda untuk pembelian
sebuah peralatan yang akan mungkin hanya Anda perlukan untuk sebuah kepentingan
lingkungan kantor Anda. Untuk dapat lebih membuat sebuah akses lebih mudah,
tempatkan akan segala sesuatu yang selalu Anda gunakan dengan secara teratur
itu dengan pada tempat yang paling dekat dengan ruang kerja anda. Jika printer
Anda ada di dalam ruangan lain, Anda juga tentu harus “keluar dari kantor”
untuk mengambil hasil dari print dan bisa saja Anda malah akan ngelantur
ngobrol dengan anggota keluarga anda atau akan mendapat gangguan lainnya.
5. Kenali akan gaya kerja diri sendiri
Apakah Anda telah lebih produktif jika anda telah bekerja di dalam
lingkungan minimalis? Ataukah Anda malah orang yang telah terbiasa dan akan
lebih nyaman serta akan lebih produktif bekerja jika di tempat yang beratakan?
Menata ruangan sehingga akan membuat kita akan lebih bergairah dan serta
bersemangat untuk bekerja, itulah sebuah kondisi ideal yang harus kita
ciptakan.
6 . Usahakan cahaya masuk ke dalam ruangan kerja anda
Membiarkan ada sinar masuk ke dalam ruang kerja anda , bukan berarti ruang
kerja harus berada di dalam ruang yang terbuka. Cukuplah jika ada sebuah
jendela yang terbuka yang akan memungkinkan cahaya masuk ke ruangan Anda.
Jendela yang berfungsi untuk dapat menghubungkan Anda dengan adanya dunia
luar sementara, namun tetapi di sana telah masih tersedia ruang yang di mana bagi Anda untuk daat menempatkan
sebuah layar monitor komputer .
Dan singkat kata, penataan akan sebuah ruang kerja di dalam rumah yang
tepat akan dapat membantu peningkatan produktivitas kerja Anda. Semoga
bermanfaat.